About Me

My photo
My name is Yudith, teacher in Highscope Indonesia, Kelapa Gading. I create this blog just for fun, but hopefully can help my students to understand more about Bahasa Indonesia

Friday, October 19, 2012

KAMUS

KAMUS


Sebelum belajar mengenai kamus, lakukanlah kegiatan berikut ini :
Bandingkanlah beberapa kamus yang tersedia, lalu diskusikanlah hal-hal berikut ini bersama teman sekelompokmu!
1.      Apa yang dimaksud dengan kamus?
2.      Apa saja bagian-bagian kamus?
3.      Apa sajakah cirri-ciri kamus?
4.      Bagaimana cara membaca kamus?
5.      Sebutkan contoh-contoh kamus yang kamu ketahui!

Kamus adalah buku yang memuat kata-kata beserta keterangan maknanya, pemakaiannya atau terjemahannya. Kamus biasanya ditulis sesuai secara alfabetis.




Bagian-bagian kamus :
  • Abjad, yaitu huruf awal kata
  • Lema atau entri atau kata dasar, Kata dasar adalah kata asli atau kata yang tidak diberi imbuhan apapun. Contohnya : Merahasiakan, kata dasarnya adalah rahasia
  • Label, merupakan penjelasan mengenai ragam bahasa, ragam ilmu kelas kata dan daerah atau negara asal dari kata yang dimaksud. Misalnya :
klà klasik
Jk à Melayu Jakarta
Bl à Bali
Skt à Sansakerta
a à adjektiva (kata sifat)
n à nomina
v à verba
Bio à biologi
Mus à music
Ling à linguistic
  • Makna/ definisi, merupakan keterangan mengenai arti kata tersebut.
  • Indeks, merupakan kata yang terletak di sudut kanan atas untuk mempermudah pencarian.


Cara membaca Kamus :
1.      Tentukan lema atau entri kata yang dicari.
2.      Ingat-ingat huruf awal dari kata entri yang dicari
3.      Buka halaman kamus yang memuat huruf awal kata entri.
4.    Perhatikan kata yang ditulis di halaman atas kiri dan halaman atas kanan untuk mengetahui apakah entri kata yang dicari ada dihalaman tersebut.
5.      Jika kata tersebut sudah ditemukan, baca keterangan tentang makna dan contoh penggunaannya.

TUGAS MANDIRI
Tentukan bagian-bagian kamus berikut!




Lema/ Entri
Abjad
Label
Indeks
No Halaman





LATIHAN 1
Sebagai latihan, carilah kata-kata sulit dalam bacaan berikut ini lalu carilah makna atau definsinya dalam kamus.


BUNGA DAN KUPU-KUPU, SAHABAT DEKAT YANG SALING MEMBANTU

Teman-teman, tahu hewan kupu-kupu kan? Pasti suka juga melihat bunga-bunga yang indah kan? Emh, ternyata kupu-kupu dan bunga punya hubungan spesial lho. Mereka adalah sahabat dekat, meskipun mereka berasal dari dunia yang berbeda. Kupu-kupu berasal dari keluarga fauna, sedangkan bunga berasal dari keluarga flora.

Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera, (lepis = sisik dan pteron = sayap) atau 'serangga bersayap sisik'. Kupu-kupu pada umumnya aktif di waktu siang atau disebut diurnal. Saat kupu-kupu beristirahat, ia akan cenderung menegakkan sayapnya. Kupu-kupu juga memiliki jenis beragam, mulai dari bentuk tubuh, bentuk sayap, sampai keragaman warnanya. Kupu-kupu kebanyakan memiliki warna yang indah dan cerah.

Bunga (flos) atau kembang adalah struktur reproduksi pada tumbuhan berbunga. Pada bunga terdapat organ reproduksi berupa benang sari dan putik. Bunga memiliki fungsi utama untuk menghasilkan biji. Pada bunga berlangsung proses penyerbukan dan pembuahan. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah yang merupakan struktur yang membawa biji.

Nah, itu sedikit penjelasan tentang kupu-kupu dan bunga. Lalu, apa ya hubungan yang ada di antara mereka?

Setiap makhluk pasti membutuhkan interaksi dengan makhluk lainnya, tidak terkecuali kupu-kupu yang membutuhkan interaksi dengan bunga, pun sebaliknya. Interaksi yang terjadi antar individu salah satunya berupa interaksi simbiosis. Emh, apalagi itu ya bahasa simbiosis? Yuk kita bahas…!

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani “sym “ yang berarti dengan dan “biosis”  yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis.  Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Nah, hubungan persahabatan antara kupu-kupu dengan bunga terjalin dalam ikatan “simbiosis mutualisme”. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua individu ataupun populasi yang saling menguntungkan. Jadi, kupu-kupu memberikan keuntungan bagi bunga dan bunga pun memberi keuntungan untuk kupu-kupu.

Kupu-kupu membutuhkan bunga sebagai sumber makanan, karena kupu-kupu memerlukan makanan yang berupa nektar bunga. Sebaliknya, dengan dihinggapi oleh kupu-kupu dan diserap nektarnya, bunga akan terbantu dalam proses penyerbukannya. Sehingga, bunga dapat melakukan proses pembuahan.

LATIHAN 2
Bacalah artikel berikut, garis bawahilah kata-kata yang kalian anggap sulit, lalu carilah makna kata-kata tersebut dengan menggunakan kamus yang tersedia.

DAUR HIDUP KUPU-KUPU
Pernahkah kalian melihat kupu-kupu? Tahukah kalian bagaimana siklus kehidupan kupu-kupu? Artikel kali ini akan mengulas sedikit mengenai kehidupan kupu-kupu.
Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong kedalam ordo Lepidoptera atau serangga bersayap sisik (leppis, sisik dan pteron sayap). Kupu-kupu biasanya hidup dengan menghisap madu bunga atau yang biasa disebut nektar atau sari kembang. Akan tetapi beberapa jenis kupu-kupu lainnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.
Kupu-kupu dalam kehidupannya mengalami metamorfosis sempurna yaitu perubahan bentuk fisik mulai dari telur,  larva, kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu.
Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tananman yang dapat membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Sehingga bagi petani, dan orang pada umumnya, kupu-kupu ini sangat bermanfaat untuk membantu jalannya penyerbukan tanaman.
Namun ketika masih menjadi ulat kita ketahui  bahwa ulat merupakan hama yang rakus. Bukan hanya tanaman semusim yang dimangsanya, namun juga pohon buah-buahan dan pohon pada umumnya dapat habis digunduli daunnya oleh hama ulat dalam waktu yang relatif singkat. Banyak jenis hama ulat, terutama dari jenis-jenis ngengat yang menjadi hama pertanian yang serius.
Walaupun demikian kupu-kupu memiliki peran yang penting dalam siklus kehidupan di alam. Tanpa kupu-kupu dan serangga yang membantu reproduksi tanaman, maka kita tidak akan melihat beraneka bunga berwarna-warni.
-SELAMAT BERLATIH-

PROYEK AKHIR KAMUS

Carilah ulasan dari buku, majalah, surat kabar atau internet yang berkaitan dengan topik Ilmu Pengetahuan Alam berikut :
  • ·         Simbiosis
  • ·         Ekosistem
  • ·         Daur hidup hewan/ tumbuhan
  • ·         Rantai Makanan
Lalu buatlah sebuah kamus bergambar dari daftar istilah-istilah yang kamu temukan dalam artikel tersebut! Kalian dapat menambahkan ilustrasi, keterangan atau gambar untuk memperkuat makna kata.

Contoh kamus bergambar


No comments:

Post a Comment